7 Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia Ini Sangat Terkenal di Dunia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan kekayaan obyek wisata bahari. Keindahannya sudah tersohor sampai ke mancanegara, sampai-sampai menjadi daya magnet tersendiri untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke wisata bahari Indonesia.
Salah satu kegemaran para wisatawan adalah menikmati biota bawah laut dengan cara bersnorkeling. Indonesia memiliki berbagai tempat snorkeling yang sangat bagus untuk dikunjungi, bahkan sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung ke lokasi snorkeling ini untuk liburan. Nah, kali ini kami akan mengulas 7 tempat snorkeling di Indonesia yang cantiknya sangat luar biasa. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua, dengan empat gugusan pulau yang terdiri dari Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Saat ini Raja Ampat sudah menjadi salah satu destinasi snorkeling terbaik dunia dengan keindahan alamnya yangmemang sangat menakjubkan.

Raja Ampat memiliki kosentrasi kehidupan laut terbesar di dunia dan mempunyai 75 persen jenis spesies karang. Belum lagi ada 1500 spesies keragaman hayati berupa ikan, kura-kura, hiu, dan pari manta yang mendiami perairan Raja Ampat. Hal ini semakin lengkap karena kawasan terumbu karang di Raja Ampat 90% masih dalam kondisi sangat baik sehingga menawarkan keelokan hayati yang bisa memuaskan siapa saja yang mengunjunginya.

2.Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, baik di daratan maupun di bawah laut. Pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan berbagai terumbu karang dengan berbagai warna yang sangat indah, yang jumlahnya berkisar 350 spesies. Ditambah lagi ikan berwarna-warni bisa membuat pengalaman snorkeling setiap tamunya semakin menakjubkan.

Selesei snorkeling, pengunjung bisa mengeksplorasi Taman Nasional Komodo dan mengamati komodo yang jumlahnya mencapai 2500 ekor. Jika beruntung, pengunjung bisa menemui komodo terbesar yang mencapai panjang 3 meter dan berat 90 kg. Di samping itu, pasir pantai yang berwarna putih sampai merah muda menambah keindahan Taman Nasional Komodo ketika matahari hendak tenggelam.

3. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu destinasi snorkeling tercantik di Indonesia. Nama Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari 4 pulau yang ada di dalamnya, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sebanyak 750 jenis koral dan 850 spesies biota laut menambah kecantikan taman nasional ini. Apalagi di kawasan tersebut terdapat beberapa gua bawah laut yang menakjubkan mata.

Perairan Wakatobi juga memiliki tamu setia yang menjadikannya sebagai arena bermain, yakni ikan paus Sperma (Physeter Macrocephalus). Biasanya, di bulan November, ikan paus sperma akan mengunjungi perairan Wakatobi saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut, perairan Wakatobi cenderung lebih hangat dan berlimpah pakan untuk mengenyangkan perut kawanan paus ini.

4. Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken terletak di kawasan Kota Manado, Sulawesi Utara dan memiliki taman laut yang sangat cantik. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan yang termasuk salah satu tertinggi di dunia. Dengan area seluas 75.265 hektar, para pengunjung bisa menikmati berbagai biota laut dengan 13 jenis terumbu karang yang tumbuh di sini. Dan yang paling menarik, terumbu karang yang memiliki kedalaman 25-50 meter juga terdapat di Bunaken ini.

Pengunjung akan dimanjakan 91 jenis ikan yang ada di Bunaken, seperti ikan kuda gusimi lokal, koi putih, lolosi ekor kuning, goropa, dan nila gasi. Penyelam juga bisa menemukan beragam moluska yang juga hidup di taman laut Bunaken, seperti kima raksasa, ikan kepala kambing, tunikates atau askidian. Yang perlu di catat, waktu terbaik untuk mengunjungi Bunaken adalah antara bulan Mei sampai Agutus.

5. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Belitung tidak hanya memiliki Laskar Pelangi yang terkenal itu. Belitung juga memiliki laut yang sangat cocok untuk snorkeling. Di sini perairan memiliki air laut yang sangat bersih dan jernih, menjadikannya salah satu spot snorkeling yang paling indah di Provinsi Bangka Belitung. Terlebih lagi, air di pesisir pantai tidak terlalu dalam, sehingga siapa saja dapat berenang dan bersnorkeling dengan puasnya.

http://iyakan.com/tempat-snorkeling-terbaik/913




First


EmoticonEmoticon